Bolehkah Berkurban Tetapi Belum Akikah?

Paket aqiqah bekasi – Jika pada bahasa Jawa ada sebutan sudah poel atau terdapat gigi kambing yang sudah pernah tanggal karena menyorong usia dewasa itu kian baik. Kambing untuk aqiqah anak tidak menjadi masalah jantan ataupun betina. Yang terpenting kambing tersebut masuk kategori sarat sahnya fauna untuk aqiqah.Hewan yang dapat digunakan untuk kurban, oleh sebab itu juga bisa digunakan guna akikah.

Kambing gibas yang pula banyak peminat mengalami kepesatan harga dibandingkan tahun kemudian khusus umur 3 – 6 bulan baik megak maupun betina. Terdata, sebelumnya jantan dengan usia ini dijual sekitar Rp500 seperseribu – Rp700 ribu, masa ini naik menjadi Rp600 ribu – Rp1, 6 juta. Berbeda dengan betina secara umur yang sama ternyata lebih murah. Awalnya, dijual seharga Rp400 ribu – Rp600 ribu merangkak naik menjadi Rp500 ribu – Rp1,8 juta. Menyatakan dari pengertiannya, objek nun dikenai hukum dari qurban adalah setiap orang yang sudah mukallaf dan sudah mampu untuk melaksanakan qurban sesuai syariat.

Ulama juga memberikan penjelasan jika aqiqah adalah penebus yang mempunyai aqiqah menjadi pertanda terlepasnya dari kekangan jin dengan ada bersama bayi semasa lahir. Aqiqah adalah Ibadah sunnah yang dilakukan oleh setiap umat muslim nun baru saja memiliki buah hati. Atas lahirnya buah hati terebut biasanya pengampu melaksanakan syukuran atau Aqiqahan. Rasul sendiri memerintahkan untuk menyabet 2ekor kambing/domba untuk laki2 dan 1ekor kambing/domba untuk perempuan.

Umur dari hewan ternak ini pun tidak mampu kurang dari setengah tahun. Bagi setiap calon orang-orang tua yang sedang menyambut kelahiran sang buah menawan hati setidaknya melakukan persiapan aqiqah dengan cara mempelajari tuntutan dan ketentuan tentang aqiqah termasuk umur kambing aqiqah. Bagi muslim hendaknya memahami cara pelaksanaan aqiqah jadi tasyakuran tersebut dapat sempurna sesuai aturan dalam agama islam. Pendapat terkuat dari jumhur ulama berdasarkan hadits akan halnya hukum melaksanakan aqiqah adalah sunnah muakkadah.

Antara lain adalah Syaikh Wahbah Azzuhaili dalam kitabnya Alfiqhul Islami Wa Adillatuhu, dengan tegas beliau menyiarkan kebolehan akikah dengan wahid sapi untuk tujuh orang anak. Hal ini karena satu ekor kambing sama dengan 1/7 dari homo sapi, sehingga satu sapi bisa digunakan untuk tujuh orang anak. “Barang sapa yang ingin menyembelih buat anaknya maka hendaknya ia menyembelih untuknya. Untuk bani laki-laki, dua kambing dan untuk anak perempuan, seekor kambing, ” (H. R. Abu Daud). Tata cara aqiqah dalam Islam menganjurkan satwa qurban untuk disembelih. Hewan dengan kriteria yang seperti dengan hewan kurban sebagaimana kambing dan domba yang sehat adalah yang sebaiknya dipilih untuk prosesi aqiqah.

Jika dibandingkan tahun lalu, beberapa jenis wedus penjualannya mengalami kenaikan harga. Sebagai contoh, kambing boer jantan umur 3 – 6 bulan sebelumnya dijual seharga Rp2, 8 juta– Rp3, 2 juta masa ini menjadi Rp3 juta – Rp6, 6 juta. Asalkan diamati dari penjualan tahun lalu, kambing etawa menanggung kenaikan harga. Misalnya, kibas etawa jantan umur 3 – 6 bulan sebelumnya dijual seharga Rp1, 8 juta – Rp2, dua juta kini menjadi Rp2 juta – Rp3 juta. Sama halnya dengan keturunan betina umur 8 – 12 bulan yang sebelumnya seharga Rp2, 8 juta – Rp3, 5 juta berubah menjadi Rp3 juta – Rp3, 5 juta.

Bahkan ada yang menyiarkan bahwa jika telah melakukan qurban maka mampu menyelesaikan perintah untuk melaksanakan aqiqah. boleh, sebab tidak dilafalkan pengkhususan di dalam hadits nun menyatakan tentang aqiqah me sti dengan jenis megak atau betina. Di hadits itu hanya dilafalkan secara kambing kibas umum sehingga dengan kata lain mampu jantan dan dapat perempuan. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa umur kambing untuk aqiqah keturunan sama dengan ketentuan umur hewan kurban.

Sedangkan target yang dikenai hukum daripada aqiqah adalah ayah dibanding bayi yang baru wujud sebagai wujud syukur. Bila dibandingkan dengan pelaksanaan qurban, hukum dari aqiqah adalah sunnah atau tidak tentu.Dalam kitab-kitab fiqih disebutkan bahwa ada 3 jenis hewan yang bisa digunakan untuk kurban serta akikah, yaitu hewan nun disebut dengan an’am atau hewan ternak; unta, lembu dan kambing. Selain tiga jenis hewan tersebut, oleh sebab itu tidak boleh digunakan guna kurban dan akikah. Kaum ulama seperti Imam Hasan Al-Bashri, juga Imam Laits, berpendapat bahwa hukum akikah adalah wajib.Kalian tidak perlu bingung mencari aqiqah terpercaya dan murah,kalian tinggal menghubungi kami di sini kami akan segera membantu kalian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *